close

   

 

斯利堅斯克大道*

--W.S. Rendra (1935-2009),羅浩原 譯

沿著斯利堅斯克大道
我拖著我的腳步
與我的無聊

在成蔭的樹影下
在點綴著花草的清潔街道上
我被我的無聊越掐越緊
於緩慢的腳步中

在斯利堅斯克大道
在長凳上
在擁吻的情侶
與讀著書的老人之間
我踩過我倦怠的身體
我踩過我的無聊

然後
當穿插著看見
牽手走過的情侶
與推著嬰兒上電車的母親
我也站在我面前看見了自己
我的倦怠與我的厭煩

很明顯這無關乎
看到別人數十朋友成群
或約會的女人時所產生的孤獨感
每個人都有其戰鬥
每個時刻都有其戰鬥

而有時我們想要孤獨一人
因為,我的魔鬼只有一個
名字是無聊!

在斯利堅斯克大道
在斯利堅斯克大道
在這特別為此準備的地方
我拖著我的腳步
與我的無聊
然後我被碾碎
在鞋底

* 斯利堅斯克大道是莫斯科有名的環狀林蔭大道的其中一段。


Sretenski Boulevard
--W.S. Rendra

Di sepanjang Sretenski Boulevard
kuseret langkahku
dan kebosananku.

Di bawah naungan pepohonan rindang
di sepajang jalan bersih dengan bunga-bungaan
kucekik kebosananku
dalam langkah-langkah yang lamban.

Di Sretenski Boulevard
di bangku panjang
di antara pasangan berciuman
dan orang tua membaca buku
kuhenyakkan tubuhku yang lesu
kuhenyakkan kebosananku.

Maka
sambil diseling memandang
pasangan yang lewat bergandengan
dan ibu mendorong bayi dalam kereta
kupandang pula di depanku
kelesuanku dan kejemuanku.

Terang bukan soal kesepian
di tengah berpuluh teman
dan wanita untuk berkencan.
Masing-masing orang punya perkelahian.
Masing-masing waktu punya perkelahian.

Dan kadang-kadang kita ingin sepi serta sendiri.
Kerna, wahai, setanku yang satu
bernama kebosanan!

Di sepanjang Sretenski Boulevard
di sepanjang Sretenski Boulevard
di tempat yang khusus untuk ini
kuseret langkahku
dan kebosananku.
Lalu kulindas
di bawah sepatu.


W.S. Rendra, Sadjak-sadjak Sepatu Tua: Dua Buah Kumpulan Sadjak, Djakarta: Pustaka Jaya, 1972, pp.20-21.

arrow
arrow
    全站熱搜

    kamadevas 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()