其餘的故事
--Dian Titus (1972- ),羅浩原 譯

TKW*…女性外籍勞工
當我尚未成為TKW時
常聽到鄰居謠傳和新聞說
TKW被賣去當歡場女郎
TKW…這三個字招來懷疑的目光
一般人聽了很刺耳
現在我要成為女性外籍勞工了
我歷經了營隊生活和種種工作訓練
我很瞭解一般人的看法
許多不好的耳語傳入我耳中
但…我仍然禮貌地回應他們
知情的人或許會改變觀感
縱然時常不被注意遭到冷淡
我從國外回家鄉後
當我向警察局申請良民證**
警員問道:「到海外工作過嗎?」
知道我剛從國外回來後
他遞菸給我,並向我借火柴
語帶挑逗,把我從頭看到腳底
但是…我還是耐心禮貌地回答他
抱歉長官…我不抽煙也沒有火柴
呃…這警員淫笑著,還掐我的臉頰
使我胸懷之尊嚴和耐心盡失
抱歉長官…
「許多TKW都能秉持信念」
即便確實有些去過海外的人抽煙又出賣她們自己

*TKW (Tenaga Kerja Wanita):女性外籍勞工
* SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik):行為良好證明

(第四屆台北市外籍勞工詩文比賽 佳作二)


Cerita Yang Tersisa
-- Dian Titus (1972- )

TKW…Tenaga Kerja Wanita
Kala aku belum jadi TKW dan menjalaninya
Sering dengar kata tetangga dan berita
TKW dijual dijadikan wanita penghibur kata mereka
TKW…tiga huruf kadang dipandang sebelah mata
Dan awampun mendengar sumbang di telinga
Saat kuingin jadi tenaga kerja wanita
Kujalani hidup di penampungan dan berbagai latihan kerja
Sangat kurasa bagaimana awam memandangnya
Bisik-bisik suara tak enak di telinga
Namun…aku tetap sopan menyapa mereka
Siapa tahu dapat mengubah pandangan mereka
Walau kadang acuh dan tak digubrisnya
Setelah aku pulang dari luar negeri
Saat kucari SKKB datang dari kantor polisi
Polisi bertanya, “Pernah kerja di luar negeri?”
Tahu aku pernah kerja ke luar negeri
Dia tawarkan rokok dan pinjam korek api
Bicara sambil main mata, memandang dari kepala sampai kaki
Tapi…aku jawab dengan sopan dan menyabarkan diri
Maaf pak…saya tak merokok juga tak ada korek api
Ech…polisi malah tersenyum genit sambil mencolek pipi
Hilang hormat dan sabar di dada ini
Maaf pak…
“Masih banyak TKW yang bisa jaga din”
Memangnya ex luar negeri pasti merokok dan jual diri


剩餘的故事
--Dian Titus (1972- ),譚雲福、林麗珠 譯

TKW…
是外籍女性工作者
常聽到新聞和鄰居謠傳
TKW被出賣成陪酒女郎
聽著聽著真讓我發慌

經過了訓練和營隊的生活
如今…
自己就要踏入這圈子
仍然感覺到謠傳
耳邊也聽到雜音
但是…
我是不一樣的TKW
我要好好的問候他們
發揮TKW的耐心和尊嚴
希望可以改變他們的看法

回到家鄉時
當地警員來詢問
國外工作的狀況
知道我剛從國外返
問我抽煙?也向我借火柴
邊聊邊眨眼,也從頭看到腳底
但是…
我還是耐心的對待他
我不抽煙也沒有火柴
但是
他淫蕩的對我笑並碰上我的臉頰
幾乎使我失去耐心和尊嚴

不要說每位外勞都抽煙又賣淫
仍有許多外勞會克制自己
TKW也有耐心和尊嚴
我…
是不一樣的TKW



譚雲福 總編,《台北,請再聽我說:第四屆外勞詩文選集》,(台北:台北市勞工局,2004),頁111-114。
arrow
arrow
    全站熱搜

    kamadevas 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()